Inowastek menjadi kolaborator less waste event di Banjarmasin Sasirangan Festival 2023

Bersama dengan komunitas lain, Inowastek menjadi supporting collaborator dalam Less Waste Event di Banjarmasin Sasirangan Festival 2023 yang diselenggarakan pada 10-12 Maret 2023. Beragam kegiatan digelar pada BSF 2023 dengan tema “Pesona Kreasi Motif Sasirangan dengan Pakaian Adat Banjar” tersebut seperti karnaval, bazar, expo, fashion show, forum diskusi sasirangan lomba menjelujur massal Sasirangan, lomba motif sasirangan hingga atraksi jukung acil Pasar Terapung.

Kegiatan penimbangan sampah pasca acara BSF 2023

Dengan padatnya kegiatan selama tiga hari tersebut, pengelolaan sampah yang bertanggung jawab menjadi hal yang perlu diperhatikan. @banuagreenhub menjadi leading colaborator bagi less waste event di BSF 2023 dengan berkolaborasi dengan Wastesmartech, Inowastek, HMTL ULM, Kompos Biuku, Eco enzyme nusantara. kalsel, dan River Care Generation.

Terdapat beberapa titik lokasi tempat sampah pilah untuk menampung sampah organik, anorganik, dan sampah residu. Terdapat beberapa volunteer yang mengawasi pemilahan sampah oleh pengunjung. Pada malam hari, sampah akan dikumpulkan dan ditimbang sehingga dapat terekap dengan baik.

Kegiatan pelatihan pembuatan eco enzyme

Selain pemilahan sampah, terdapat stand yang digunakan bagi masyarakat untuk menukar sampah dengan undian doorprise. Sampah seperti botol, kaleng, kertas ditukar dan pengunjung berkesempatan mendapatkan undian kompos maupun eco enzyme. Selain itu, terdapat edukasi dari berbagai kolaborator seperti pelatihan pembuatan kompos, eco enzyme, dan hidroponik. Pengunjung juga dapat mendonasikan pakaian layak pakai untuk nantinya dapat diberikan bagi orang yang membutuhkan.

Scroll to Top