Pendampingan pembuatan dokumen modul Pesantren Hijau

 

Tim Inowastek melanjutkan pendampingan Program Pesantren Hijau tahun 2024 yang merupakan program dari institusi gabungan Lazisnu, RMI PBNU, LPBI PBNU didukung oleh Bank Mega Syariah.  Bertempat di Hotel Ashley, Jakarta, agenda kali ini adalah menyampaikan draft dokumen Modul Pesantren Hijau yang telah dibuat oleh tim Inowastek. Di dalam modul ini, tim berusaha untuk memberikan penjelasan mengenai latar belakang program Pesantren Hijau disertai dengan data-data terkini sehingga diharapkan dapat menggerakan atau memotivasi para santri untuk mengimplementasikan program Pesantren Hijau ini.  

Dibahasan selanjutnya, disampaikan apa itu pesantren hijau, landasan Al-Qur’an, landasan hukum mengenai pengelolaan lingkungan, identifikasi stakeholder terkait, dan penjelasan peran-peran stakeholder di Pesantren dimulai dari pembina, pengurus, ustadz & ustadzah, santri, hingga wali santri. Bahasan penting adalah mengenai petunjuk teknis bergambar dan kreatif yang berjumlah 14 petunjuk teknis seperti pemilahan sampah, pengolahan sampah organik, pengolahan sampah anorganik, manajemen green event, pengumpulan dan pengolahan data sampah, dan lain-lain. 

Modul ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai praktik-praktik pengelolaan sampah, penghematan air, penghijauan di Pesantren sehingga nantinya para santri dapat menerapkan ilmunya di kota tempat mereka berasal. 

Salah satu tampilan modul Pesantren Hijau
Scroll to Top