Ramadhan, Lazisnu melakukan penyerahan sarana dan prasarana pengelolaan sampah di dua pesantren hijau

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Setiap orang dan organisasi berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Walaupun puasa, tidak menyurutkan tim pesantren hijau dari Lazisnu untuk melakukan penyerahan barang penunjang pengelolaan sampah kepada pesantren yang sebelumnya dilakukan edukasi.

Pada bulan Ramadhan 1444 Hijriah, Lazisnu melakukan penyerahan alat-alat kebersihan kepada dua pesantren yaitu Pondok Pesantren Mahasina, Bekasi pada 7 April 2023 dan Pondok Pesantren Al-Hamidiyah pada 9 April 2023. Masing-masing pesantren mendapatkan 5 unit tempat sampah pilah (organik, anorganik, dan residu), 4 gerobak sampah pilah, 2 komposter, 1 mesin pencacah organik, dan 2 unit dropbox untuk donasi sampah botol plastik. Penyerahan dilakukan oleh Pihak Lazisnu yang diwakili oleh K.H. Qohari Cholil. Beliau mengatakan bahwa “dan insyaAllah setelah ini akan ada pendampingan dari Inowastek terkait cara mengaplikasikan alat pengelolaan sampah hingga dapat dipraktekkan oleh santri sesuai dengan prosedur yang ada”.  Dari pihak pengasuh Pesantren Mahasina, K.H. Abu Bakar Rahziz yang menerima secara simbolis sarana dan prasarana tersebut menyampaikan bahwa dengan adanya alat ini akan menjadi motivasi bagi para santri untuk menjaga kebersihan dan menjadikan bumi kita hijau. 

Pada kesempatan yang lain, pada 9 April 2023, Penyerahan sarana dan prasarana juga diberikan kepada Ponpen Al-Hamidiyah, Depok. Sama seperti sebelumnya, K.H Qohari Cholil yang secara simbolis menyerahkan sarana dan prasarana tersebut. Dari pihak Al-Hamidiyah, Kepala Divisi Dakwah, K.H. Jauhari Sadji mengatakan bahwa pesantren hijau sebagai hasil dari kerja sama banyak pihak adalah implementasi atau wujud perintah Allah SWT dari Ayat Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 2 yang menyebutkan bahwa manusia harus saling tolong menolong dalam kebaikan dan janganlah manusia saling tolong menolong dalam keburukan. 

Penyerahan sarana dan prasarana pengelolaan kebersihan pada ponpes Al-Hamidiyah, Depok

Tidak hanya sarana dan prasarana yang telah disebutkan di atas, masing-masing pesantren juga dilengkapi dengan sign wall untuk menandakan kawasan pesantren hijau dan memberikan beberapa poin penting yang perlu dilakukan pengunjung dalam kawasan tersebut seperti pilah sampah, 3R, hemat air, hemat listrik, dan menjaga tanaman. 

Signwall ucapan selamat datang di pesantren hijau dan value pesantren hijau

Setelah ramadhan, direncanakan 5 pesantren lainnya akan mendapatkan sarana dan prasarana yang serupa untuk menunjang kegiatan pesantren hijau. Semua peralatan dan pendampingan, nantinya akan bekerja sama dengan Inowastek dalam pesantren hijau tahun ini. 

sumber: 
1. https://nucare.id/news/pesantren_al_hamidiyah_depok_terima_alat_pendukung_program_pesantren_hijau 
2. https://nucare.id/news/nu_care_lazisnu_serahkan_sarana_prasarana_kuatkan_program_pesantren_hijau_di_mahasina_bekasi
3. https://youtu.be/sVK9EdtyDyo 
4. https://youtu.be/Uug47nupYc4 

Scroll to Top