Penyerahan Sarana-Prasarana dan Workshop Program Pesantren Hijau

Selama bulan Juli hingga Agustus 2023, PT Inovasi Waskita Teknologi (Inowastek) menjadi rekanan dan pendamping program Pesantren Hijau yang merupakan program dari Lazisnu. Program ini merupakan kolaborasi antara Lazisnu bersama dengan Bank Mega Syariah, Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU, dan Lembaga Penganggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU. 

Penyerahan sarana dan prasarana di Ponpes Al-Kenaniyah, Bekasi

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan atas kegiatan sebelumnya yaitu Training of Trainer Santri Penggerak di Tujuh Pesantren. Pada tanggal 22 Juli 2023, kegiatan dilaksanakan di Pondok Pesantren Malnu Menes, Pandeglang yang didampingi oleh salah satu tim Inowastek yaitu Adhi Susatyo. Pada kesempatan ini, Adhi memberikan juga pendampingan bagi para santri dengan memberikan pelatihan pemilahan sampah dan pengomposan sampah organik. 

Pada tanggal 15 Juli 2023, terdapat kegiatan penyerahan sarana dan prasarana di Ponpes Al-Kenaniyah. Selanjutnya pada tanggal 13 Agustus 2023, dilanjutkan proses pelatihan pemilahan sampah dan pengomposan oleh Founder dan CEO Inowastek yaitu Adhi Susatyo.

Dengan format kegiatan yang sama, pada tangga 28 Juli 2023, kegiatan dilakukan di Pondok Pesantren, Al-Hamid Cilangkap, Jakarta Timur. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan diikuti tidak hanya para pengasuh pesantren, santri penggerak, tetapi juga para staf dari bidang sarana dan prasaran Ponpes Al-Hamid, Cilangkap. 

Pelatihan pengomposan di Pesantren Malnu Menes

Tidak hanya ponpes di sekitar Jabodetabek dan Banten, Program pesantren Hijau ini juga terdapat di Jawa Timur yaitu Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh tim Inowastek lainnya yaitu ibu Dewi Ambarsari yang mendampingi penyerahan sarana dan prasarana dan dilanjutkan dengan pelatihan pengomposan sampah. Kegiatan di Ponpes Genggong ini terlaksana pada 30 Juli 2023.

Selanjutnya pada 19 Agustus 2023, dilakukan penyerahan sarana dan prasarana disertai pelatihan pengolahan sampah oleh ibu Dewi di Pondok Pesantren Al-Mubarok, Demak, Jawa Tengah. 

Scroll to Top